MEMBANGUN INDONESIA SEBAGAI WELFARE STATE (Sebuah Cermin Ideologis dari Keruntuhan Rezim Orde Baru)

Authors

  • Muhammad Suud Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Jl. Dukuh Kupang XXV No. 54, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30742/perspektif.v4i1.205

Keywords:

equality of output, equality of opportunity, welfare state

Abstract

Dua tema sentral yang diterapkan Orde Baru adalah demokratisasi politik dan perbaikan ekonomi. Perbaikan ekonomi yang didahulukan dalam prakteknya, menimbulkan berbagai permasalahan ekonomi, hukum dan politik yang sangat krusial. Jika keluar yang dianggap tidak menganggu strategi pembangunan ekonomi oleh Pemerintah Orde Baru adalah pembentukan konsumen melalui perbaikan konstitusional dengan mencanangkan adanya peningkatan kualitas kesejahteraan sosial. Dalam prakteknya di masa reformasi ini, ide dasar yang menjadi nilai pokok dalam kebijakan kesejahteraan sosial harus diubah dari “equality of output” menjadi “equality of opportunity” dalam kebijakan kesejahteraan sosial yang membangun adanya negara welfare state.

References

Arief Budiman, Menciptakan Masa Depan Indonesia Yang Lebih Baik; Masalah Ilmu Sosial dan Proses Regenerasi, Palembang, HIPIS, 1984.

Beveradge, W.H., The Full Employment in A Free Society, Fontana: Allen & Unwin, 1944.

Churchill, Vic and Wildinh, Ideologi dan Kesejahteraan Rakyat, terj. Budi Hardono dan Bhanu Setyanto, Jakarta: Pustaka Utama Grafiti, 1992.

Harvey, D., Social Justice and The City, New York: Arnold, 1973.

Iqnas Kleden, Sikap Ilmiah dan Kritik Kebudayaan, Jakarta: LP3ES, 1987.

Mochtar Mas’oed, Peran Serta Masyarakat: Kebijaksanaan dan Pelaksanaan, Palembang: HIPIS, 1984.

Rawls, J., A Theory of Justice, New York: Oxford University Press, 1972.

Tawney, R.H., Equality, Fontana: Allen & Unwin, 1931.

Titmuss, R.M., Essay on Welfare State, Fontana: Allen & Unwin, 1958.

Web, A.L. dan J.E.B. Sieve, Income Distribution and Welfare State, Occational Papers on Social Administration No. 41, New York: Bell, 1971.

Downloads

Published

1999-01-19