ASPEK HUKUM PENYELENGGARAAN BAYI TABUNG DALAM HUKUM POSITIF INDONESIA

Authors

  • Ratna Winahyu Lestari Dewi Fakultas Hukum, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Jl. Dukuh Kupang XXV No. 54, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30742/perspektif.v6i2.527

Keywords:

infertilitas, bayi tabung, hukum positif indonesia

Abstract

Untuk membantu dan mengatasi kasus-kasus infertilitas (ketidaksuburan) pada pasangan suami istri yang menginginkan keturunan dapat dilaksanakan upaya kehamilan di luar cara alami yang kita kenal dengan istilah bayi tabung. Pelaksanaan bayi tabung ini akan menimbulkan suatu permasalahan jika dikaitkan dengan dari mana sperma, ovum maupun rahim tempat transplantasi embrionya. Untuk itu hukum di negara kita telah mengatur apa dan bagaimana mengenai program bayi tabung yang diperbolehkan diIndonesia, walaupun belum ada suatu peraturan yang khusus mengenai program bayi tabung ini.

References

Danny Wiradharma, 1996, Penuntun Kuliah Hukum Kedokteran, Binarupa Aksara, Jakarta.

Irta W. Syahrial, Kedudukan Hukum Bayi Tabung Ditinjau dari Hukum Perdata, Makalah Pada Seminar Bayi Tabung Ditinjau dari Aspek Medis, Hukum, Psikologis dan Sosial, 1995, Ikatan Alumni Fakultas Hukum dan Fakultas Psikologi Universitas Surabaya.

K.H. Hasbullah Bakry, 1985, Kumpulan Lengkap Undang-undang dan Peraturan Perkawinan di Indonesia, Penerbit Djambatan, Jakarta.

M. Jusuf Hanafiah dan Amri Amir, 1999, Etika Kedokteran dan Hukum Kesehatan, Edisi 3, Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta.

Sari Mandiana, Prospek Perlindungan Hukum Bayi Tabung di Indonesia, Makalah Pada Seminar Bayi Tabung Ditinjau dari Aspek Medis, Hukum, Psikologis dan Sosial, 1995, Ikatan Alumni Fakultas Hukum dan Fakultas Psikologi Universitas Surabaya.

Soegiharto Soebijanto, Inseminasi Hingga Bayi Tabung, Makalah pada Seminar Bayi Tabung Ditinjau dari Aspek Medis, Hukum, Psikologi, dan Sosial, 1995, Ikatan Alumni Fakultas Hukum dan Fakultas Psikologi Universitas Surabaya.

Subekti dan Tjitrosudibjo, 1984, Kitab Undang-undang Hukum Perdata, Pradnja Paramita, Jakarta.

Undang-Undang Kesehatan 1992, UU RI No. 23 Tahun 1992, Cetakan Kedua, Agustus, 1993, Sinar Grafika, Jakarta.

Downloads

Published

2006-04-29

Issue

Section

Articles