KENAKALAN ANAK (JUVENILE DELIQUENCY): KAUSALITAS DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA

Authors

  • Sarwirini Sarwirini Fakultas Hukum, Universitas Airlangga, Jl. Dharmawangsa Dalam Selatan, Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30742/perspektif.v16i4.87

Keywords:

kenakalan anak, upaya menanggulanginya, juvenile deliquency, effort to overcome it

Abstract

Akhir-akhir ini kenakalan anak telah membawa kepada perilaku kejahatan sebagai akibat kasus anak-anak bermasalah dengan hukum. Usaha untuk mengatasi masalah kenakalan anak dilakukan melalui pelanggaran kepolisian maupun tidak. Akan tetapi beberapa pendekatan untuk mencegah dan mengatasi kenakalan anak yang terjadi saat ini memiliki tendensi untuk melakukan pendekatan yang represif. Terlebih lagi memenjarakan anak-anak yang bermasalah dengan hukum masih sangat menonjol. Pendekatan dan metode yang tepat untuk mengatasi masalah kenakalan anak harus dilakukan dan didasarkan pada pemahaman yang komprehensif dari sebab-sebabnya. Jadi artikel ini bertujuan untuk membahas sebab-sebab kenakalan anak baik dari perspektif teori maupun konsepnya dan juga lingkup hukum serta metode untuk mengatasi kenakalan anak di Indonesia.

Currently juvenile deliquency has leaded into criminal behaviour as the result the case of children in conflict with the law arises. The efforts to overcome the matters of juvenile deliquency is performed through penal policy and non penal policy. However, such approaches to prevent and to overcome juvenile deliquency that exist today, have a tendency to perform repressive approach. Moreover, imprisonment to children in conflict with the law is still a very prominent way. The appropriate methode and approach to overcome the matters of juvenile deliquency should be performed and based on deep understanding on the causes of juvenile deliquency. Thus, this article aims to discuss the causes of juvenie deliquency both from the perspective of theories and concepts within juvenile deliquency. Besides that it discuss the legal framework and the methode to overcoming the juvenile deliquency in Indonesia.

References

Buku:

Bartolass, Clemens, 1990, Juvenile Deliquency, California: Macmillan Publishing Company.

Cloward, Richard A. dan Lloyn Ohlin, 1960, Delinquency and Opportunity: A Theory of Delinquent Gang, New York.

Cunneen, Rob White Chris, 2009, Juvenile Justice: Youth and Crime in Australia, Oxford: Oxford University Press.

Cohen, Albert K., 1955, Delinquent Boys, The Cultur of The Gang, New York.

Hadisuprapto, Paulus, 2008, Delikuensi Anak: Pemahaman dan Penanggulangannya, Malang: Bayumedia.

______, “Pemberian Malu Reintegratif sebagai Sarana Nonpenal Penanggulangan Perilaku Delinkuensi Anak (Studi Kasus di Semarang dan Surakarta)”, Disertasi, Program Doktor Ilmu Hukum Universitas Diponegoro, Semarang, 2002.

Hirschi, Travis, 1969, Causes of Delinquency, Berkeley.

Kartini, Kartono, 1986, Psikologi Sosial 2, Kenakalan Remaja, Jakarta: Rajawali.

Kaufman, James M., 1989, Characteristics of Behaviour Disorders of Children and Youth, Toronto: Merril Publishing Company Columbus London.

Lundman, J. Richard, 1993, Prevention and Control of Juvenile Deliquency, Oxford: Oxford University Press.

Mulyadi, Lilik, 2005, Pengadilan Anak di Indonesia: Teori Praktik dan Permasalahannya, Bandung: Mandar Maju.

Prinst, Darwan, 2003, Hukum Anak Indonesia, Bandung: Citra Aditya Bakti.

Saraswati, Rika, 2009, Hukum Perlindungan Anak di Indonesia, Bandung: Citra Aditya Bakti.

Sarwirini, “Viktimisasi Anak Delinkuen: Studi di Lembaga Pemasyarakatan Anak di Blitar, Laporan Penelitian, Surabaya: Lembaga Perlindungan Anak Jawa Timur, 2001-2002.

______, “Kekerasan terhadap Murid dalam Kasus Bullying”, Yustika - Media Hukum dan Ke-adilan,Vol. 12, No. 2, Universitas Surabaya, Surabaya, 2009.

______, ‘’Kekerasan di Dunia Pendidikan”, Makalah Pengabdian Masyarakat untuk Guru-Guru SMU dan SMK dalam Wilayah Diknas Pemerintah Kota Surabaya, Surabaya, 2010.

Soetodjo, Wagiati, 2008, Hukum Pidana Anak, Bandung: Refika Aditama.

Taylor, Lamar and Mark C. Stafford, 1995, American Deliquency, California: Wadsmorth Publishing Company.

Downloads

Published

2011-09-27